Senin, 14 Februari 2011

Topologi

Dalam jaringan komputer, topologi mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung.Artikel ini memperkenalkan standar topologi jaringan.

Topologi dalam Desain Jaringan

Bayangkan sebuah topologi sebagai bentuk virtual jaringan atau struktur. Bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik yang sebenarnya dari perangkat pada jaringan.Sebagai contoh, komputer di rumah LAN dapat diatur dalam lingkaran di ruang keluarga, tetapi akan sangat tidak mungkin untuk menemukan topologi cincin di sana.
topologi jaringan dikategorikan ke dalam tipe dasar berikut:
  • bis
  • cincin
  • bintang
  • pohon
  • mesh
Lebih jaringan yang kompleks dapat dibangun sebagai hibrida dari dua atau lebih dari topologi dasar di atas.

Topologi Bus

Bus jaringan (jangan bingung dengan bus sistem komputer) menggunakan tulang punggung umum untuk menghubungkan semua perangkat. Sebuah kabel tunggal, fungsi tulang punggung sebagai media komunikasi bersama bahwa perangkat melampirkan atau memasuki dengan konektor antarmuka. Sebuah perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan akan mengirimkan pesan siaran ke kawat bahwa semua perangkat lain melihat, tetapi hanya penerima yang dituju benar-benar menerima dan proses pesan.
topologi bus Ethernet relatif mudah untuk menginstal dan tidak memerlukan banyak kabel dibandingkan dengan alternatif. 10Base-2 ("thinnet") dan 10Base-5 ("Thicknet") keduanya pilihan kabel Ethernet populer bertahun-tahun lalu untuk topologi bus. Namun, jaringan bus bekerja paling baik dengan sejumlah perangkat. Jika lebih dari beberapa lusin komputer yang ditambahkan ke sebuah bus jaringan, masalah penampilan mungkin akan terjadi. Selain itu, jika kabel backbone gagal, seluruh jaringan secara efektif menjadi tidak dapat digunakan.
Ilustrasi - Diagram Topologi Bus

Topologi Ring

Pada jaringan cincin, setiap perangkat memiliki tepat dua tetangga untuk tujuan komunikasi. Semua pesan perjalanan melalui cincin dalam arah yang sama (baik "searah jarum jam" atau "berlawanan"). Kegagalan dalam istirahat kabel atau perangkat loop dan dapat mengambil seluruh jaringan.
Untuk menerapkan jaringan cincin, satu biasanya menggunakan FDDI, SONET , atau Token Ring teknologi. Topologi Ring ditemukan di beberapa gedung perkantoran atau kampus sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar